JL new project

hooo…

it’s almost one year since our first project..

ampir setaun lalu, JL dimodalin KH (kampunghalaman.org) bwt bikin film dokumenter dengan tema sotoy buat nyelametin bumi.

cuma berawal dari ide iseng, eh jadi film juga.

filmx udah wara-wiri keliling indonesia, bahkan keliling dunia. JLx mah ga jauh2 tasik-bandung aja, hehhehe…

ntu film dibawa2 ke festival Video Komunitas di Bali,  bukan jadi peserta sih, cuma “nyelundup” aja, maksa2 RiriRiza sama Distro bwt nonton copy-anx.

screening di Jambi.  dan tentu sajah di berbagai tempat d Tasik. sempet dikomen langsung Mba Lasja Fauzia Susatyo (tau tak? sutradara BBB n film2 laenx). heu, mba lasja komplen soal suara tonenonet tukang eskrim…

trz diikutin 10th SIYFF (tp di Koreax g lolos penjurian, hehehehe). diminta copy-anx sm Mba Dian bwt ke ostrali sm nuzealan (ouh, gasalah bu?)

dan disadur idex bwt iklan layanan masyarakat yang 100 tahun kebangkitan Indonesia, yang tagx “satu orang satu sampah”. seneng bgt wkt itu, ide sotoy JL menginvasi INDONESIA!!

dan sekarang, udah ampir setaun, ntu felm ngga bulukan juga. malah kemaren screening di Pesantren Jurnalistikx anak2 UNSIL.

dan tadi pagi, c nanaw ngasi kabar kalo filmx bakal retake. dimodalin KH pake kamera yang lebih edan.

uhm.. jangan pernah takut punya mimpi teman.

dm bukan film maker, cuma orang sotoy yang punya mimpi.

hidup JL!!!

iri sama zaki

tau tak. si cule zaki rahim. teman sekelasku dulu di ipa opat satas. yang ipis tapi jangkung. yang suka coklat. yang sekarang kuliah di teknik komputer polban.

kemaren dy cerita kalo..

kalo dm ke gramed tolong cari buku zaki. apaan?

euh. zaki nerbitin buku.

mamaw, nanaw, ternyata yang duluan nampang di gramed nama si cule…

zaki nulis modul tutorial flash bwt bikin model belajar, sebangsa bikin simulasi fotosintesis dan sebagainya. katanya diajak dosen nya. tim nya bertiga. dan diterbitin sama IF.

dan ternyata ada anak pend. ilkom yang udah beli buku c zaki.

yah,  ipa opat disebut2 .., hiks. terharu.

tapi iri.

iri.

zaki hebat. dm juga mau.

awas aja kalo ga bagi2 royalti.

semangat^^

ilmu komputer UPI

saya anak ilkom.

huah. sumpah. saya anak ilkom.

dan baru bener2 nyadar kalo saya adalah anak ilkom di semester 3 ini. (kemana aja bu?)

heu. kalo boleh jujur di tingkat 1 saya ga terlalu serius kuliah. lebih banyak ngikut aja, tanpa dirasain.

baru tersadar setelah dapet nilai C di matkul Alpro1. “C” just mean, Come on dm..!!!

ini adalah tempat kamu merajut masa depan. mau ga mau. suka ga suka. dm adalah mahasiswa ilmu komputer UPI. *maha-nya itu loh.. berat*

dan ngomong2 soal “ilmu komputer UPI”, heu, itu harusnya “ilmu komputer FPMIPA UPI”.. tapi mungkin ga akan ada yang peduli dengan hierarki penulisannya. toh pada kenyataannya, ilkom terusir dari gedung FPMIPA.

oh, itu cerita lama. sebagai prodi yang baru mau menginjak tahun ke-4, ilkom belum punya gedung sendiri. walopun resminya masuk ke FPMIPA, tapi tidak ada tempat buat kami di sana.

gedung FPMIPA a.k.a gedung JICA adalah salah satu gedung favorit saya. seingat saya, dulu saat ibu saya kuliah S2 di UPI, gedung ini masih dalam proses pembangunan. sekitar 7 tahun yang lalu. ibu saya pernah bercerita kalo gedung ini hibah dari Jepang. Semua-muanya orang Jepang yang ngurus, orang Indonesia nya cuma jadi kuli bangunannya aja. kata Pak Yudi, dosen Basis Data, Jepang kapok dengan masalah korupsi di Indonesia. dan sumpah. gedung ini superduperkeren.

balik lagi ke masalah usir-usiran. kami kemudian berubah nama menjadi “ilmu komputer FP-PERPUS UPI”. yah, perpus lt.4 jadi markas baru ilkom. mulanya keberatan, terbiasa dimanjakan dengan JICA yang memang fasilitasnya lebih baik. kalo di JICA bisa naik lift sampai ber-15 orang, di perpus hanya muat sekitar 6 orang, itu juga harus dengan trik2 khusus biar si lift ngga bunyi gara2 overload. dan lift perpus sangat menginspirasi buat dijadiin ide film horror, apalagi suaranya yang gak kalah sama ratapan kuntilanak (kaya yang tau kuntilanak aja, ahahaha..)

dan kami mulai terbiasa dengan rutinitas di perpus. antara tangga menuju lantai 4 dan mengantri lift yang berdenyit-denyit. semuanya mulai terasa baik-baik saja. sangat baik. sampai kami mendapat kabar bahwa episode usir-usiran masih akan ada sekuelnya..

FPOK lama.

seorang teman saya bilang, gedung FPOK lama kaya kandang tikus. hmmm. entah.
kami akan segera terusir dari Perpus ke gedung FPOK lama. menurut saya pribadi, ini hal yang sangat mengerikan. walaupun nanti di FPOK lama tidak akan ada lagi suara ratapan lift seperti di perpus, tetap saja mengerikan.
dan saya, dan smua tmn2 di ilkom juga, sudah dapat dipastikan keberatan dengan tambahan adegan pengusiran di film dokumenter ilkom kami ini.

tiba2 merasa diperlakukan tidak adil oleh UPI, mengingat SPP kami termasuk salah satu yang paling tinggi. kami layak mendapatkan fasilitas yang lebih baik.

tapi, ya sudahlah. menurut kabar, FPOK lama akan diperbaiki dulu sebelum kami tempati. mudah2an saja.

saya teringat pesan Pa Wawan, kaprodi pendilkom, waktu acara temu prodi kemarin. Beliau bilang kita harus kembali lagi ke semangat awal waktu ilkom berdiri dulu. ilkom UI juga tidak tiba-tiba bagus, informatika-ITB juga. maka kami juga.

iya sih, dipikir2 juga ga guna ngehina-hina FPOK lama lama-lama. suatu hari nanti ini pasti akan jadi cerita yang indah dari bagian sejarah hidup ilkom. bahwa kami tetap menjadi mahasiswa-mahasiswa yang bersemangat untuk menjadi ahli komputer, apapun kondisinya.

sekecewa apapun, ayo bangkit teman.

jadi nama kami sekarang, Ilmu komputer FPOK UPI.

FPOK. Fakultas Pendidikan Oooh.. Komputer.
(kata vina pas temu prodi..)

siapa namanya?

hari jumat kemarin, OSTRIC ngadain oprek buat nyari 5 orang anggota baru. para “pelamar” OSTRIC ini harus melewati tahapan wawancara dulu.

ada satu pertanyaan menarik dari draft wawancara selain pertanyaan2 seperti bisa bahasa pemrograman apa, pernah bikin apa, OSTRIC itu apa, komputer sering dipake buat apa, dan blablabla pertanyaan lainnya, ada pertanyaan kaya gini: siapa nama komputer kamu?

siapa?

jadi inget kebiasaan dm ngelabelin barang2 di rumah. tv, lemari, sama telepon dm tempelin label “Dee-M”. komputer juga. notebook juga. kamera juga. nama nya Dee-M.

handphone dm lain lagi, nama nya Belozoglu. kalo jurnal harian (ga mau nyebut diary, hahahaha) sejak kelas 3 SMP dikasih nama RYAN.

ga terlalu penting sebenarnya. tapi itu ningkatin sense of belonging loh.. (teori darimana, eM?)

hehehe.

kenalan dulu ya

hmm.

nama saya Maya Dewi Mustika, tapi temen2 banyak nya manggil Dee-M. atau biar lebih simpel, tulis aja dm, tapi dibacanya tetep di-em, bukan de-em.

ok, kenapa dm?
nama itu udah melekat sejak kelas 1 SMP, sampe sekarang. itu inisial nama belakang. Maya DM, see?

manggil Maya juga ga masalah, tapi jatohnya malah jadi kagok kalo ada temen yang manggil Maya, kecuali kalo yang baru kenal sih.

dm ga pernah keberatan kalo ada yang manggil Maya. kata firman Maya itu nama Dewi Keberuntungan, hehe..

tapi orang tua dm belom pernah cerita loh, kenapa nama dm Maya, kayanya sih gabungan nama mereka. oia, dm asli orang Tasik, tapi keturunan campuran Jawa-Sunda.

sekarang dm kuliah di ilmu komputer UPI, baru semester 3. lagi semangat2nya belajar PHP sama temen2 di UKK OSTRIC (gtw jelas sih, apa kepanjanganx, kalo g salah OSTRIC Open Source Riset Community). aktif juga di PAS-ITB (Pembinaan Anak2 Salman, Masjid Salman ITB), terus rencananya pengen gabung di KSEP-ITB (Kelompok Studi Ekonomi dan Pasar modal, ITB).

yah, dm suka apa aja. asal penasaran pasti dicoba.

hobi baca, nulis, nonton, sama motret.
baca apa aja yang bisa dibaca, quran, novel, komik, blog orang, poster, leaflet, plang, dll.
nulis apa aja yang pengen ditulis, kecuali cerpen kayanya.
nonton film apa aja kecuali bokep sama film hantu.
motret juga semaunya, ngga ngikut aliran mana2. aliran fotografi tanpa diskriminasi kali ya, hehe.. ^^v

begitulah teman2, kalo ketemu dm ajak aja makan eskrim.

yosh! hope it’ll be enjoyable one for ya!

(mungkin) superman, dee-m, dan bintang (yang tidak) jatuh


catatan dikala hujan, igauan dikala demam.

ssst.. dm..
ah, kamu lagi. hari ini kamu ga nyelametin dunia?
dunia kan ga butuh superman lagi
a-ha?
lagipula seseorang butuh bantuan di sini
siapa? dm? ngarang!!
dasar anak ingusan, itu apa, eh?
hehe.. 🙂 tugas kemaren.. ya maaf berantakan, semalem ketiduran di atas karpet
orang aneh, punya kasur tidur di karpet
kenapa kesini? kamu terlalu mencolok tau!!
oh plis dm… jangan ungkit2 soal kostum ini lagi… memangnya aku suka?
yah, setidaknya itu membuat kamu terkenal. hHaa.. 😀 mr. misplaced underwear.. buktinya dari dulu kamu tetap pake kostum begitu…
aku kan ga punya hak untuk memilih
hm,, ok,, maaf
kenapa minta maaf?
kenapa ga boleh minta maaf?
ya gapapa sih
ya maaf
maaf apa?
maaf semuanya…
tidur gih, jangan di atas karpet lagi
mau, ntar…
coba pegang kening sendiri
anget dikit, knapa?
nyut2an g?
*geleng2*
loh, kemaren bukannya…??
dm mau gabung jadi pelahap maut aja, jadi anak buah voldemort…
ga bakal bisa
kenapa?
ga qualified. butuh segenggam rasa benci. kamu ga punya kan?

sana tidur
tapi.. kamu aslinya orang jahat ka, Kal-El?
kamu mau jadi orang jahat?
*geleng2* tapi..
tidur dm..
terlalu gelap, ga bisa tidur
ok, bintang yang mati kan?
*angguk2*
denger, bintang yang kamu liat kelap-kelip sekarang belum tentu dia bercahaya saat inijuga
hm..
bisa jadi itu cahaya ratusan juta tahun lalu, bisa jadi sekarang bintangnya udah mati
bintangnya mati..?
iya, bintangnya udah mati, udah ga bercahaya, tapi kamu masih bisa ngerasain cahaya nya kan?
iya.. tapi memang bisa?
kamu pikir, seluas apa alam semesta ini?
yang jelas, alam semesta ga muat masuk otak dm
bintang itu jaraknya bisa ratusan juta tahun cahaya, kebayang?
iya. saking jauhnya, dia bersinar entah kapan, tapi cahaya nya baru keliatan dari bumi sekarang…
persis. kamu pernah liat bintang dari deket?
ga bakal bisa kali.. bisa angus dm..
nah itu ngerti
apaan?
yang kamu peduliin cuma cahaya nya kan? terus apa masalahnya kalo bintangnya mati?
lagipula bintang ada banyak
dan bersinar
kalo emang masih idup, dia pasti tetep bercahaya… kalo dia memilih mati, cahayanya kan masih bisa dm nikmatin sekarang
kamu pikir bintang memilih mati?
mungkin

mungkin bintang punya self~destruction~system
terus koin mr. krab ga sengaja masuk dan self~destruction~system nya aktif gitu?
mungkin
konyol
biarin

apa Ryan ga marahin kamu?
ngga. kenapa emang?
dia aneh. protect dm banget sekarang
karena kamu mulai ga bisa jaga diri
enak aja
kenapa kemaren ga sarapan?
lupa
tuh kan, pantes Ryan jadi kaya gitu, dasar ank ingusan..
ah, mati
apa?
dm
apa?
idung dm mati sebelah
tidur sana, biar besok sembuh
tapi…
bukannya kamu mau menguasai dunia?
iya, tapi  atnpa superman
iya, tanpa superman
kalo terbang lewat tasik, tolong ambilin lampu tiidur di kamar dm…

(bilang sama orang2)
(fiktif, jangan percaya)
(satu tahun cahaya=9461 x 10 pangkat 12 km)
(berapa juta kali jarak tasik-bandung ya?)

dee!
give thanks to Allah
for the moon and the stars
praise Him all day
for what is and what was