surat hari kamis (lagi)

halo.

sepertinya kita sudah mulai memasuki saat-saat terberat di semester ini.

rasanya UAS saja tidak seberapa rasanya dibanding Pekan Sunyi ini.

iya saya tau, di kosan saya yang bertahan tinggal anak ilkom, di kosan angga juga.

pada jadi kuncen, orang-orang lain mah udah pada libur kemanaaaa.

tidak ada cerita libur pekan sunyi di ilkom.

itu masih ada dosen yang mau bayar utang ngajar.

itu masih harus ngumpulin makalah.

itu masih ada tugas besar.

itu masih ada presentasi ini-itu.

bahkan warteg-warteg pun pada libur,

dan kita tidak.


hebat, bukan?

(sambil dengerin dian sastro baca puisi, “atau aku harus lari ke hutan lalu ke pantai?”

OOT: saya nyari film DRUPADI tapi malah stream video puisi Tentang Seseorang, AADC)

mengingatkan satu ayat saja, teman:

Dan katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan”. (Q.S. At Taubah:105)

kata Bang Haji Rhoma Irama, “begadang jangan begadang”

(oh, kenapa saya mengutip ini????? ahahahahahaha..)

apapun itu teman, tubuh kita punya hak untuk istirahat. tidur dulu, bangun lagi pagi.

Seusai shalat fajar (subuh) janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rezeki. (HR. Ath-Thabrani)

Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan. (HR. Ath-Thabrani dan Al-Bazzar)

selamat pekan (tidak) sunyi,

nanti kita lari ke hutan, terus ke pantai.

🙂

Sampai jumpa hari Rabu.

surat hari rabu di hari kamis

iya teman, ini kamis bukan rabu.

maaf saya terlambat satu hari : )

pernah denger kalimat ini,

“kesabaran orang itu kan ada batasnya”

tahukah, ternyata itu salah. sesungguhya kesabaran itu tidak ada batasnya.

setengah dari ajaran islam itu adalah sabar.  Sesungguhnya iman itu terdiri atas dua bagian: sebagian sabar dan sebagian syukur.

Dari Suhaib r.a., bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mukmin; yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.” (HR. Muslim)

“Kedudukan sabar dalam iman laksana kepala bagi seluruh tubuh. Apabila kepala sudah terpotong maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh.” (Al Fawa’id, hal. 95)

yang saya kadang sering lupa adalah, sabar itu kan tidak hanya dalam menghadapi cobaan (atau apapun yang konotasinya negatif, menderita).

kita juga harus sabar dalam mentaati Allah dan Rasul-Nya,

sabar dalam menolak kemaksiatan, sabar dalam menjalankan kebaikan.

sabar dalam waktu, menjadi efektif dan efisien. sabar dalam kekayaan, menjadi bijaksana. sabar ketika perang, memunculkan sikap berani.

sabar dalam pergaulan, menjadi pribadi yang santun.

Kesabaran merupakan ciri orang yang kuat. Rasulullah pernah menggambarkan dalam sebuah hadits; Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah bersabda, “Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat, namun orang yang kuat adalah orang yang memiliki jiwanya ketika marah.” (HR. Bukhari)

ingat cerita Husain? cerita Bilal? cerita Muhammad?

apalah kita dibanding dengan penderitaan yang pernah mereka alami?

Yang sabar, yang ikhlas, yang semangat.

Sampai jumpa hari Rabu.

link bagus terkait tentang sabar dan sabar : )

surat cinta hari rabu

Rabu, 16 Desember 2009

sungguh suatu hari saya berpikir kalau punya kalian di hidup saya adalah harta karun yang tak ternilai.

rasa kalian itu hangat.

lalu selama apa kita bisa terus bareng2?

rasanya seumur hidup juga hanya sebentar.

kecuali kita janjian ketemu lagi di surga, ya?

Anas r.a. mengatakan bahwa Nabi saw. bersabda,

“Tidak beriman salah seorang di antaramu sehingga ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri.”

ini surat cinta saya. tentu tidak seperti matahari yang hangat cintanya sahaja.

dan lagi saya tidak pandai membahasakan cinta.

jadi kita belajar dari Allah saja ya, yang Maha Cinta.

Al-Quran bercerita Allah pernah bersumpah demi waktu.

Itu, surat Al-‘Ashr (surat ke 103, juz 30).

Demi masa.

Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian.

Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh

dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran

dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.

Itu surat pendek banget, cuma tiga ayat. Surat cinta dari Allah, sederhana saja.

Ayo, merintis jalan ke surga, dengan tidak menjadi orang yang merugi.

Dengan beramal saleh, dan saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

Sampai jumpa lagi hari Rabu.

semoga kau datang

ingin kulari dari kesedihan

yang bersemayam di lubuk hatiku

semoga kau datang membimbingku menuju bahagia

semoga kau datang meringankan luka di hatiku

dan meminjamkan bahumu

dan menyeka air mataku

dan menggenggam kedua tanganku


(sepotong liriknya Semoga Kau Datang)

belakangan ini entah kenapa suka banget sama lagu Semoga Kau Datang dari album Gemini Sherina.

saya cukup mengikuti Sherina sejak album pertamanya yang “Andai Aku Besar Nanti” sampai albumnya sewaktu dia sudah besar beneran sekarang.

tapi Sherina “yang sudah besar” itu kadang membuat saya jadi lebih suka mendengarkan dia saja daripada ikut melihatnya juga.

mungkin karena kita seumuran, waktu saya kecil dulu dia juga anak kecil. tapi sekarang dia jadi tampak jauh lebih dewasa dari saya, hahahaha tapi beneran, saya suka denger Sherina nyanyi.

rasanya saya punya harta karun waktu dulu kakak saya membelikan kaset “Andai Aku Besar Nanti”, itu masih ada sampai sekarang suka diputer kalo lagi di mobil. saya juga punya album keduanya yang “Petualangan Sherina”, tapi kasetnya dipinjem orang dan ga dibalikin lagi T_T

album ketiga Sherina tuh keren baget, beneran. Judulnya “My Life”, tapi saya ga sempet beli. Sekarang kayanya udah jadi barang antik, nyari di toko kaset susah. (Ada yang tau saya harus nyari ke toko kaset mana?? saya pengen banget punya)

nah, waktu Sherina udah gede dan bikin album lagi, saya agak shocked gimanaaa gitu (hahahahaha, lebay). tapi saya ngopy juga mp3nya dari temen, saya suka suara dia. dan emang keren banget dia juga nulis lagunya sendiri.

dan balik lagi ke lagu Semoga Kau Datang, kalau lagi melow si saya jadi suka sok-sok menghayati gitu.

wakakakakak.. geuleuh yah.

des 14th 2009

!

ingatlah aku sejenak dan tersenyum
kadang kupikir hidupmu terlalu berat
tapi tak kentara
tentu saja, karena kau tidak pernah
mengajariku berkeluh kesah
maka aku berpikir, aku tidak berhak
menunjukan air mata di depanmu
kesedihan bukan milikku
yang kau ajarkan padaku
adalah hidup dengan bermakna
dengan harga diri dan tanggung jawab
dengan tersenyum walau gelisah
dengan kuat dan tegar

aku mencintaimu untuk semua alasan yang mungkin pernah ada di muka bumi