Setahun Kemudian

19 Mei 2013. Setahun kemudian sejak Maya dan Bram menikah. Alhamdulillah.

Sejujurnya tidak ada di antara kami yang secara khusus mengingat bahwa ini tanggal 19 Mei.

Pagi hingga siang

Pagi hari kami sedikit bergegas agar tidak terlambat mengikuti sebuah pelatihan di sebuah hotel di daerah Cigadung. Sengaja pakai taksi saja, karena si Bajigur, vespa kami,ย  tali koplingnya lepas. Paling tidak begitu penjelasan Bram, saya sendiri tidak mengerti apa itu kopling, hahaha ๐Ÿ˜€

Sampailah kami di hotel tujuan. Di sana banyak pohon cemaranya. Sejuk dan nyaman.

Kami tidak terlambat, acara belum dimulai. Bangku depan sengaja kami pilih. Saya lalu mengenali seorang yang tengah duduk bermain gadget di kursi pembicara, berbaju merah-oranye. Wow, itu Bidan Yesie Aprilia.

Kenapa saya bilang wow? Selama ini saya mengagumi beliau sebagai orang yang konsisten menulis. Apapun bidangnya, orang yang menulis itu keren. Dan orang yang bisa konsisten menulis itu mengagumkan. Bidan Yesie selama ini rajin menulis buku dan mengelola situs web. Membaca tulisan-tulisan beliau membuat saya merasa sedang kuliah kebidanan.

Oh iya, kami bertiga, saya, Bram dan si adik dalam perut, mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Tim Hypno-Birthing Indonesia. Selain diikuti para orangtua, pelatihan ini juga diikuti oleh bidan. Ada dua materi utama dalam pelatihan ini, tentang Belly Mapping dan Komunikasi Efektif dengan Janin. Pelatihan ini tambah seru karena kami langsung praktek ๐Ÿ™‚

Acara dibuka oleh Bidan Kristina Sembiring. Bidan asal Medan ini memberikan pengantar tentang pengalamannya berkomunikasi dengan janin. Paparan tentang komunikasi dengan janin ini kemudian dilanjutkan oleh Bu Lanny Kuswandi, seorang clinical hypnotherapist. Setelah itu baru deh Bidan Yesie menjelaskan tentang posisi janin dan bagaimana mengoptimalkannya. Setelah coffee break kami praktek Belly Mapping, dilanjutkan relaksasi yang dipimpin oleh Bidan Tantri Maharani.Bidan Tantri juga menjelaskan bagaimana komunikasi dengan janin bisa berjalan efektif (2 arah).

Belly Mapping seru banget. Bram langsung praktek sambil gambar-gambar di perut saya. Makin canggih aja dia ๐Ÿ˜‰

Siang hingga sore

Setelah rangkaian pelatihan selesai, kami menikmati makan siang di restoran hotel. Rampung urusan perut, pamitlah kami. Tidak lupa sebelumnya saling menyapa dan berterima kasih kepada para panitia dan pengisi acara. Senang sekali berkesempatan bertemu mereka dalam suasana yang humble, full of knowledge, and full of love.

Sebelum benar-benar meninggalkan hotel dan pohon-pohon cemara itu, kami salat Duhur dulu. Eh, habis salat malah ketemu Bidan Okke. Itu lho, bidan cantik nan ramah yang rutin meriksa saya dan si adik.

Teh Okke yang sedang bersama Bu Lanny lalu ngobrol lalalala sebentar dengan kami, hehe..

Tadinya kan plan A saya mau lahiran sama Teh Okke di Bandung. Tapi kemudian berubah karena satu dan lain hal. Jadinya saya merencanakan lahiran sama Bidan Atit di Tasik. Bidan Atit adalah uwa (budhe) saya yang juga dosen di sekolah kebidanan di Cilolohan Tasik. Ternyata, Teh Okke, Uwa Atit dan Bu Lanny ini saling kenal. Ckckck..

Singkat cerita pulanglah kami. Dari Cigadung jalan kaki sampai nemu angkot di Tubagus Ismail. Sampai Gerlong kami jalan kaki lagi ke lapang KPAD, seperti biasa beli kelapa muda sama rujak, hehe.. Habis itu jalan kaki lagi ke Pasar Gerlong Tengah, beli bahan untuk masak makan malam. Pasar Gerlong Tengah sore hari tampak sepi, walau kebanyakan kios sudah tutup, tapi masih ada beberapa kios yang buka.

Sampai di kosan tertidurlah kami dengan suksesnya.

Malam hari

Tanyalah saya, atau beberapa teman saya yang masakannya pernah dimakan oleh Bram. Betapa Bram selalu antusias terhadap makanan. Saya hampir yakin, suatu saat suami saya itu akan meninggalkan dunia perkodingan dan menjalankan bisnis kuliner. Baginya, memasak itu seperti sulap. Ajaib.

Sedari kecil, Bram dibesarkan dengan masakan Mbah Sofi. Sayang Mbah Sofi tidak pernah mengijinkan Bram turun ke dapur. Bukan tempat laki-laki di sini, begitu Mbah Sofi selalu bilang.

Sejak menikah, Bram adalah asisten memasak saya. Di awal kehamilan, saya sempat agak sensi dengan bebauan dan tidak mau masak. Saat itulah Bram mulai masak sendiri. Saya kasih tau bumbunya, takarannya, bagaimana memasaknya. Sekarang kalau masak, kadang saya yang jadi asistennya, Bram yang mimpin.

Makin jago masak dia sekarang. Dan lumayan perfeksionis dia -____- Sekarang kalau makan di luar dia sesekali suka bilang, “Enakan masakan aku,” ahahaha ๐Ÿ˜€

Kami tidak masak tiap hari sih. Tapi kami lumayan sering masak. Kalau masak begitu sesekali kami undang Adit, adik ipar saya.

Malam ini kami masak sayur bayam, ikan asin, tempe goreng dan sambal terasi. Sambal terasi Mas Bram itu juara. Kalo soal sambal, dia nakar sendiri. Dan makin sini makin pas takarannya ๐Ÿ˜€

Seperti biasa, kami makan sambil nonton TV dan ngobrol. Selalu senang liat Bram banggain masakannya sama Adit, ehhehe..

Di tengah acara makan kami, saya bilang, “Eh, ini kan tanggal 19 Mei.” Terus si Adit nyaut, “Oh iya yah. Udah setahun ya. Wah, selamat.” Lalu kami sibuk makan lagi dengan lahapnya. Hahahaha ๐Ÿ˜€

Setahun kemudian, Maya dan Bram masih begitu saja sebenarnya. Setiap hari selalu istimewa sih, jadi ya hari ini juga istimewa seperti hari-hari sebelumnya. Semoga kami selalu dicukupkan dalam syukur dan sabar ๐Ÿ˜€

5 thoughts on “Setahun Kemudian

  1. Lupa kalau hari itu hari ulang tahun pernikahan kita ya. Hari ini saya baca tulisan ini sambil mendengarkan lagu-lagu nya coldplay, rasanya ingin segera pulang.

    Selalu ingin kembali ke hari โ€“ hari dimana kita bisa berhangat bersama , tersenyum bersama dan hanya ada saya dan kita .

    Terima kasih bu untuk tulisan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s