merah kuning hijauuuu

jadi yah, saya disuruh bikin program ramalan buat main-mainan di henpun.

orang2 make jodiak, si saya make warna ajalah. algoritma ramalan nya juga simpel pisan.

merah kuning hijau apa kata warna kamu dan pasangan kamu (hiyaaaa geuleuh pisannn).

ini program dibuat pake j2me, jadi kalo henpun kamu mendukung java, bisa tah ini program ramalan di-install di henpun kamu. hahahahha.

karena layanan gratis wordpress gabisa naro file.jar, jadi saya akalin jadi .jar.odt

nanti kalo udah download dari sini, di rename dulu yah tadinya ramalanwarna.jar.odt jadi ramalanwarna.jar

nah, terus kirim via bluetooth ke henpun kamu, nanti dia otomatis nginstall sendiri 🙂

kalau mau nyoba bikin sendiri, ini source code nyaaaa..


import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;

public class RamalWarna extends MIDlet implements CommandListener {
private Display display;
private Form fmMain,fmHasil;
private TextField textNama1,textNama2;
private Command cmExit,cmRamal,cmBack;
private Command okAllert = new Command("OK",Command.EXIT,3);
private ChoiceGroup warna1, warna2;
private String textRamal;

public RamalWarna(){
display = Display.getDisplay(this);
fmMain = new Form("Ramalan Warna");
fmHasil = new Form ("Hasil Ramalan :");

textNama1 = new TextField("Namamu",null,50,TextField.ANY);
textNama2 = new TextField("Nama Doi",null,50,TextField.ANY);

warna1 = new ChoiceGroup("warna fav kamu",Choice.POPUP);
warna1.append("merah", null);
warna1.append("hijau", null);
warna1.append("kuning", null);
warna1.append("biru", null);
warna1.append("hitam", null);
warna1.append("ungu", null);
warna1.append("putih", null);

warna2 = new ChoiceGroup("warna fav doi",Choice.POPUP);
warna2.append("merah", null);
warna2.append("hijau", null);
warna2.append("kuning", null);
warna2.append("biru", null);
warna2.append("hitam", null);
warna2.append("ungu", null);
warna2.append("putih", null);

cmExit = new Command("Keluar", Command.EXIT, 1);
cmRamal = new Command("Ramal", Command.OK, 2);
cmBack = new Command("Kembali",Command.BACK,3);

fmMain.append(textNama1);
fmMain.append(warna1);
fmMain.append(textNama2);
fmMain.append(warna2);

fmMain.addCommand(cmExit);
fmMain.addCommand(cmRamal);
fmMain.setCommandListener(this);

}

public void startApp() {
display.setCurrent(fmMain);
}

public void pauseApp() {
}

public void destroyApp(boolean unconditional) {
notifyDestroyed();
}

public void commandAction(Command c, Displayable d) {
if(c == cmExit){
destroyApp(true);
}else if (c == cmRamal){
ramal();
}else if(c == okAllert){
display.setCurrent(fmMain);
}else if(c == cmBack){
display.setCurrent(fmMain);
fmHasil.deleteAll();
}
}

private boolean cekDataNama(){

boolean hasil = false;

if ((textNama1.getString().length() != 0)
&&(textNama2.getString().length() != 0)){
hasil = true;
}
return hasil;
}

private void ramal(){
if (cekDataNama() == false){
alertkosong("belum lengkap","namanya diisi donk! ");
}else proses();
}

private void alertkosong(String title,String msg) {
Alert alert = new Alert(title,msg,null,AlertType.INFO);
alert.addCommand(okAllert);
alert.setCommandListener(this);
display.setCurrent(alert);
}

private void proses() {

int w1= warna1.getSelectedIndex();
int w2= warna2.getSelectedIndex();

if ((w1+w2) == 0) {
textRamal = "kecocokan kalian 80% \nsedikit terjadi pertengkaran karena pasangan kamu cenderung menghindari konfrontasi.\nbtw, pasangan kamu romantis ya.";
}else if  ((w1+w2) == 1) {
textRamal = "kecocokan kalian 60% \nkalian pasangan yang menyenangkan ya. hubungan kalian lancar-lancar aja, tapi harus lebih banyak habiskan waktu bersama.";
} else if ((w1+w2) == 2) {
textRamal = "kecocokan kalian 30% \nhubungan kalian sedikit sulit, akan ada sedikit kerikil menghadang. memang dia menarik, tapi kalau ngambek melulu buat apa coba?";
} else if ((w1+w2) == 3) {
textRamal = "kecocokan kalian 90% \nsedikit sekali ada pertengkaran dalam hubungan kalian. sikap dia yang idealis mungkin salah satu yang membuat kamu jatuh cinta.";
} else if ((w1+w2) == 4) {
textRamal = "kecocokan kalian 40% \nwalaupun dia tidak emosional, dia mudah ikut alur dan susah didekati.";
} else if ((w1+w2) == 5) {
textRamal = "kecocokan kalian 50% \nsi dia mungkin sedikit egois, tapi kalau sudah jatuh cinta mau gimana lagi.";
} else if ((w1+w2) == 6) {
textRamal = "kecocokan kalian 85% \nkalian sangat cocok, saling melengkapi walaupun kadang suka bertengkar.";
}else if  ((w1+w2) == 7) {
textRamal = "kecocokan kalian 70% \nwalaupun sering ribt, sebenarnya kalian saling mencintai, coba untuk nggak terlalu emosional";
} else if ((w1+w2) == 8) {
textRamal = "kecocokan kalian 65% \nhubungan yang didasari saling menghargai, optimisme, dan ketabahan akan membawa kebahagiaan.";
} else if ((w1+w2) == 9) {
textRamal = "kecocokan kalian 55% \nbiarin aja dia kalau lagi ngambek, nanti juga baikan lagi, kamu yang sabar aja.";
} else if ((w1+w2) == 10) {
textRamal = "kecocokan kalian 80% \nkalau kesalahan dia nggak bisa kamu maafin, kamu ga bisa dapet kebaikan dia yang lebih besar lagi dari sekedar kesalahannya yang kecil.";
} else if ((w1+w2) == 11) {
textRamal = "kecocokan kalian 45% \nkamunya ga usah cemburuan, dia cinta mati kok sama kamu.";
} else if ((w1+w2) == 12) {
textRamal = "kecocokan kalian 60% \nsesekali kamu dong yang ngalah, kalau emang cinta ya tunjukin";
}

String ramalTot = null;
ramalTot = "Halo " + textNama1.getString() + "\nwarna favorit kamu adalah " + warna1.getString(w1) + ".\n" + "Warna favorit pasangan kamu adalah " + warna2.getString(w2) + ".\n\n" + "Kamu sama " + textNama2.getString() + "\n" + textRamal + "\n\n" + "Tapi yakin aja, kalau udah usaha pasti dapet hasil yang setimpal..\n\n\n";

fmHasil.append(ramalTot);
fmHasil.addCommand(cmBack);
fmHasil.setCommandListener(this);
display.setCurrent(fmHasil);

}

}